Amalan Calon Penghuni Sorga

Amalan Calon Penghuni Sorga
Oleh: Hartono Rahimi, MA
 

            Keindahan dan kenikmatan sorga tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata: Rasulullah Shallalllahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

فِيهَا مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ

Didalam sorga itu terdapat segala sesuatu yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia (HR. Muslim no. 5053)

            Sorga disediakan Allah untuk orang yang bertakwa:

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah menuju ampunan Allah dan sorga yang luasnya seluas langit dan bumi (Qs. Ali Imran/3: 133)

            Di antara amalan yang bisa memasukkan kita ke sorga ialah:

 

  1. Shalat Shubuh Berjamaah

مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Siapa melakukan shalat subuh dengan berjamaah, maka dia seakan-akan mengerjakan sholat sepanjang malam (HR. Muslim: 1049)

 

  1. Dzikir Setelah Shalat

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ (رواه مسلم، رقم: 939)

Siapa yang membaca subhanallah setiap kali selesai shalat 33 X, alhamdulillah 33 X, Allahu akbar 33X. semuanya berjumlah 99,  lalu ia menyempurnakannya menjadi seratus dengan mengucapkan La ilaaha illallaahu wahdaahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syain qadiir” maka diampuni dosa-dosanya walupun ’dosanya tersebut’ sebanyak buih lautan. (HR. Muslim)

 

  1. Membaca Ayat Kursi

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا أَنْ يَمُوْتَ" (رواه الطبراني, رقم: 7408)

Siapa yang memabaca ayat kursi (Qs. Albaqarah/2: 255) setiap kali selesai shalat maka tidak ada yang akan menghalanginya masuk Surga (HR. Thabrani)

 

  1. Shalat Sunnah Isyraq

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Barang siapa melaksanakan sholat subuh secara berjamaah kemudian duduk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian ia shalat dua rakaat, maka ia mendapat pahala seperti pahala  orang yang menunaikan haji dan umrah.' " Ia (Anas) berkata lagi, "lalu rasulullah saw bersabda, sempurna, sempurna, sempurna. (HR. Tirmidzi: 535, Hasan)

 

  1. Shalat Sunnah Dhuha

أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلَاثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَصَلَاةِ الضُّحَى وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Abu Hurairah berkata, “Kekasihku Rosulullah telah berwasiat kepadaku dengan tiga perkara yang tidak akan pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal dunia, yaitu: puasa tiga hari pada setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dengan shalat Witir terlebih dahulu (HR. Al-bukhari)

  

  1. Mencari Nafkah

إِنَّكَ أَنْ تَذَرَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَذَرَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ وَلَسْتَ تُنْفِقُ نَفَقَةً تَبْتَغِي بِهَا وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا أُجِرْتَ بِهَا حَتَّى اللُّقْمَةُ تَجْعَلُهَا فِي فِي امْرَأَتِكَ

"Jika kamu meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya, itu lebih baik dari pada meninggalkan mereka dalam keadaan serba berkekurangan dan meminta-minta pada orang lain. Kamu tidak menafkahkan suatu nafkah dengan tujuan untuk mencari ridha Allah, melainkan kamu akan mendapat pahala lantaran nafkah pemberianmu itu. Hingga sesuap makanan yang kamu suguhkan ke mulut istrimu juga merupakan sedekah darimu." (HR. Muslim)

 

  1. Hanya Memakan Rizki Halal

لاَ يَرْبُو لَحْمُ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ إِلاَّ كَانَتِ النَّارُ أَوْلَى بِهِ (رواه الترمذي)

Setiap daging yang tumbuh dari usaha haram maka neraka lebih pantas baginya (HR. Tirmdzi, disahihkan Al-albani)

 

  1. Mendidik Anak

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ وَضَمَّ أَصَابِعَهُ

Siapa menanggung nafkah (mendidik) dua anak orang perempuan (dengan baik), niscaya aku dan ia masuk surga seperti ini. Rasulullah saw memberi isyarat dengan kedua jarinya. (HR. Muslim: 1914)

 

  1. Menuntut Ilmu

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju ke surga. (HR. Muslim)

    

  1. Mentaati Suami

إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Apabila wanita sholat lima waktu, berpuasa romadhan, menjaga kemaluan, taat kepada suaminya. Dikatakan kepadanya masuklah kamu ke dalam  surga dari  pintu manapun yang kamu suka (HR. Ahmad: 1573. Hasan)

 

  1. Berbuat Baik Kepada Tetangga

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ

Tidak akan masuk sorga orang yang bertetangga, tapi tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya (HR. Muslim, 66)

 

  1. Menghafal al-Asmaul Husna

لِلَّهِ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ اسْمًا مَنْ حَفِظَهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَإِنَّ اللَّهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ

Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menghafalnya akan masuk surga, dan Allah itu ganjil serta senang dengan hitungan ganjil” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

  1. Puasa Arafah

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ

Puasa Hari Arafah akan menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. (HR. Muslim, no. 1976)

 

  1. Shalat di Masjid bagi laki-laki

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ وَرَاحَ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُ نُزُلَهُ مِنَ الْجَنَّةِ كُلَّمَا غَدَا أَوْ رَاحَ

Siapa datang ke masjid di pagi dan sore hari, maka Allah akan menyediakan baginya tempat tinggal yang baik di surga setiap kali dia berangkat ke masjid di pagi dan disore hari. (HR.Al-Bukhori:  622)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amalan Calon Penghuni Sorga"

Posting Komentar